Aceh Tamiang : Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH, M. Kn membuka secara langsung pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2023 pada Kecamatan Kejuruan Muda, Selasa (01/03/22) bertempat di Aula Kantor Camat setempat. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menghimpun berbagai usulan pembangunan tingkat kecamatan yang kemudian akan disusun dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023.

Dalam arahannya, Mursil menjelaskan bahwa masih banyak permasalahan yang menjadi tantangan di tahun ini dan tahun mendatang. Permasalahan-permasalahan tersebut antara lain pembangunan infrastruktur jalan, pembangunan rumah dhuafa atau rumah layak huni, pertumbuhan ekonomi yang tidak stabil dan percepatan vaksinasi Covid-19 yang keseluruhannya terhambat akibat pandemi yang melanda.

“Yang menjadi permasalahan pokok dari tahun-tahun sebelumnya ialah masalah pembangunan infrastruktur jalan. Beberapa pembangunan dan program kerja selama pandemi ini tertunda karena adanya pemotongan anggaran yang di fokuskan untuk penanganan Covid-19”, ujarnya Mursil dihadapan para peserta Musrenbang yang hadir.

Ia mengungkapkan, meski usulan masyarakat yang ditampung 2 tahun lalu belum semua bisa direalisasikan, namun Mursil optimis pelan-pelan program-program yang menjadi isu strategis perlahan berjalan dan kemudian berdampak pada peningkatan kesejahteran masyarakat.

“Tidak apa kita usulkan kembali apa yang menjadi prioritas, mudah-mudahan tahun depan program yang kita usulkan semua bisa terlaksana dan anggaran tidak terpotong lagi”, ungkapnya penuh harap.

Bercerita soal banyaknya pembangunan infrastruktur yang tertunda akibat pandemi, Mursil dikesempatan menceritakan sebab musabab agar para aparatur pemerintahan kampung yang berhadir mengerti persoalan yang terjadi. Strategi untuk bisa keluar dari belengu pandemi ialah bersama sukseskan vaksinasi yang menjadi prioritas pemerintah sehingga kedepan tak ada lagi halangan yang menghambat proses pembangunan sampai ke tingkat kampung.

Sebelumnya, Camat Kejuruan Muda Rusni Devi melaporkan bahwa sebelum melaksanakan kegiatan ini, kegiatan pra Musrenbang telah lebih dahulu dilaksanakan oleh Tim Delegasi Kampung bersama Aparatur Kampung pada 24 Februari 2022 di Aula Kantor Camat setempat. Dalam kesempatan itu ia mengungkapkan bahwa Timnya telah menyepakati berbagai kesepakatan dalam berbagai bidang untuk dibahas dalam kegiatan yang berlangsung hari ini.[]

Hadir dalam kegiatan itu Kepala Bappeda, Kapolsek Kejuruan Muda, Danramil Kejuruan Muda, Kepala Disparpora, Kepala Dinkes, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan, Kepala DPMPPKB, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepudayaan, Kepala Disperindagkop dan UKM serta seluruh peserta Musrenbang.

Back to top
Just a moment...

pastebin.com

Checking if the site connection is secure

pastebin.com needs to review the security of your connection before proceeding.