Lebih dari 250 warga Pusong Kapal dan kampung sekitarnya ikut vaksinasi Covid-19. Pelaksanaan Vaksinasi berlangsung pada Selasa (19/10/21), di halaman Pos Pangkalan TNI AL (Lanal) Kampung Pusong Kapal Kecamatan Seruway.

“Pemkab Aceh Tamiang mengapresiasi kegiatan Alumni Akabri 1999 Peduli Base Vaksinasi Bakti Sosial Herd Immunity yang digelar hari ini”. 

Demikian ungkapan Asisten Administrasi Umum, Adi Darma, yang mewakili Bupati Aceh Tamiang melakukan peninjauan pelaksanaan vaksinasi tersebut.

Adi yang didampingi Danlantamal Lhokseumawe mengungkapkan, antusias masyarakat begitu besar berkat kerjasama pemerintah daerah, TNI, Polri serta OPD terkait yang tidak henti-hentinya memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya vaksin. Menurutnya, informasi sudah tersampaikan dan masyarakat mulai paham dengan manfaat vaksin yang digalakkan pemerintah.

“Jumlah ini terbilang besar, tampaknya telah terbentuk kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi bagi kesehatan diri dan lingkungan sekitar” sebutnya lagi.

Sementara Danlantamal Lhokseumawe, Kolonel (Mar) Dian Suryansyah, SE, M.Tr. Hanla, MM, mengatakan kegiatan vaksin yang digelar di Pusong Kapal karena merupakan bagian wilayah kerja Lantamal Lhokseumawe. Dian menerangkan, berdasarkan data yang ia terima, di Aceh Tamiang sendiri capaian persentase masyarakat yang telah di vaksin masih di bawah 50%. Hari ini, pihaknya menargetkan sekurangnya 600 warga mendapatkan suntikan vaksinasi Covid-19.

“Di sini kami menargetkan paling kurang 600 warga ikut vaksinasi”, ungkap Dian.

Lebih lanjut Dian menyebutkan, ada dua kegiatan menarik di sela-sela program vaksinasi massal ini. Hal tersebut dilakukan agar kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang vaksinasi semakin meningkat. Kegiatan tersebut adalah lomba pidato bertema vaksinasi Covid-19 bagi remaja, dan pembagian sembako kepada para peserta vaksinasi.

Di akhir pesannya ia berharap, warga di seluruh kampung dalam kecamatan Seruway bisa divaksin 100 %.

Pelaksanaan Vaksinasi yang berlangsung di halaman Pos Pangkalan TNI AL (Lanal) kampung Pusong Kapal Kecamatan Seruway ini merupakan perintah langsung dari Panglima TNI dan Kapolri kepada Alumni Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) angkatan 1999. Ini dimaksudkan membantu program pemerintah dalam menyukseskan vaksinasi.

Acara dikemas dengan sangat menarik. Temu ramah setiap unsur, dengan komponen masyarakat berjalan sangat dinamis. Hadir dalam kegiatan ini, Wakapolres, Danyon Raider Khusus 111 KB, Kepala Dinas Kesehatan, unsur Forkopimcam Seruway, Field Manager PHE-NSO Pertamina Lhokseumawe, serta perwakilan Field Manager Pertamina Rantau.