Memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021, Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin, ST, bersama Unsur Forkopimda mengikuti upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual di Aula Setdakab, Jum’at (01/10/21).

Kali ini, peringatan tersebut mengambil tema “Indonesia Tangguh Berdasarkan Pancasila”. Upacara dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, di lokasi Monumen Pancasila Sakti, Kawasan Lubung Buaya, Jakarta Timur, yang juga digelar secara virtual. Di lokasi yang sama dengan Presiden, hadir juga Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan Ketua DPR RI Puan Maharani serta sejumlah menteri.

Untuk diketahui, Hari Kesaktian Pancasila digelar sejak 1966 atau setahun setelah terjadinya gerakan 30 September atau yang dikenal dengan G30S/PKI. Panglima Angkatan Darat kala itu, Jenderal Soeharto menerbitkan surat tertanggal 17 September 1966, agar seluruh pasukan memperingati hari tersebut.

Upacara secara virtual yang diikuti via kanal YouTube selesai pada pukul 08.30 WIB. Dalam pada ini, pelaksanaannya di daerah tetap dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Selain Unsur Forkopimda, ikut hadir Wakil ketua I DPRK Fadlon, Wakil ketua II DPRK Muhammad Nur, Asisten Pemerintahan Amiruddin Y, Asisten Administrasi Umum, Adi Darma, Kaban Kesbangpol Agusliayana Devita, serta sejumlah perwakilan SKPK dan instansi vertikal.