Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang Drs. Asra, bersama sejumlah pejabat terkait mengikuti Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021. Mengusung tema “Bangkitkan Ekonomi, Pulihkan Negeri, Bersama Hadapi Pandemi”, Rakernas digelar secara virtual. Bertempat di Ruang Rapat Bupati Aceh Tamiang sekira pukul 08.30 wib pada Selasa (14/09/21).

Membuka kegiatan, Direktur Jendral Perbendaharaan, Hadiyanto mengatakan, Rakernas ini merupakan agenda strategis tahunan yang bergengsi bagi pengelolaan keuangan negara. Ia katakan tema yang diusung pada tahun ini memiliki tujuan salah satunya yakni upaya berkesinambungan membangun sinergi stakeholder baik di lingkup pusat dan daerah.

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, yang menjadi pembicara utama mengilas balik bagaimana kementeriannya mengatur keuangan di tengah badai pandemi. Ia menyebutkan, tahun 2020 yang merupakan bukan tahun biasa, dimana negara mengalami krisi kesehatan dan keuangan akibat pandemi Covid-19 yang memaksa, bukan hanya Indonesia bahkan dunia, merubah strategi di bidang kesehatan dan keuangan yang luar biasa.

“Indonesia juga telah melakukan langkah yang luar biasa pada tahun lalu. Akibat pandemi kita saat ini mengalami kesulitan yang tidak mudah bahkan mengancam masyarakat dan keuangan negara,” ucapnya.

Menkeu Sri Mulyani juga turut menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang tetap konsisten dan serius menanggulangi pandemi sekaligus mengetatkan belanja daerah.

“Saya sangat berterima kasih kepada para Pimpinan dan Pemerintah Daerah yang tekun pada pencegahan Covid-19. Dampak dari pandemi ini banyak anggaran yang di recofusing baik Kementerian Lembaga bahkan daerah, dan bahkan banyak lembaga yang menjadi garda terdepan, ujian yang luar biasa maka akan menghasilkan pemimpin yang luar biasa dan jaga terus tata kelola keuangan daerah,” terangnya.

Sebelum mengakhiri arahannya, ia juga meminta maaf jika dalam pandemi Pemerintah mengambil langkah yang tidak biasa, Di samping program vaksin harus terus berlanjut hingga mencapai target, juga langkah yang diambil bertujuan menggunakan instrumen keuangan negara dengan fleksibel. Dirinya berharap agar langkah yang telah dilakukan dapat memulihkan ekonomi dan mendapat ridho dari Allah.

Dijelaskan, puncak dari Rakernas hari ini diikuti sebanyak 1000 orang yang terbagi dalam zoom meeting dan live streaming youtube.

Sebelumnya, Hadiyanto turut merincikan sebelum pelaksanaan Rakernas hari ini, terlebih dahulu pihaknya telah melakukan serangkaian kegiatan guna memeriahkan giat ini diantaranya cerdas cermat online, lomba menulis, lomba tiktok, coaching clinic, dan lainnya.

Hadiyanto mengaku bahwa agenda pendahuluan tersebut mendapat animo tinggi dari masyarakat, mahasiswa bahkan generasi milenial.

Rakernas kali ini berisi 3 agenda, yakni pemberian penghargaan pada Kementerian Negara/Lembaga Negara Non Kementerian; Penghargaan kepada instansi pemerintah peraih WTP; dan peluncuran buku Mengawal Akuntabilitas Penanganan Covid -19.

Mengikuti Rakernas tersebut Sekda Asra tampak didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Abdullah, Kepala BPKD, Yusriati, dan Kepala Bappeda Aceh Tamiang, Rianto Waris. []