Aceh Tamiang: Mewakili Bupati, Asisten Pemerintahan, Amiruddin, mengikuti Peringatan Hari Olah Raga Nasional (Haornas) ke XXXVIII Tahun 2021 di Aula Setdakab Aceh Tamiang. Kegiatan yang berlangsung secara virtual tersebut mengusung tema "Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju" dihelat mulai pukul 10.00 WIB.

Dalam kegiatan awal puncak Peringatan Haornas, para peserta disuguhkan dengan pelbagai video objek wisata yang menjadi ciri khas dari Sabang sampai Merauke, serta berbagai jenis industri olahraga yang banyak diminati kalangan masyarakat. Selanjutnya, peserta diajak mengikuti senam SAH (stay at home) yang dipandu oleh sejumlah artis ibukota.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainuddin Amali dalam laporannya mengatakan bahwa peringatan Hari Olah Raga Nasional kali ini dihelat secara sederhana. Pandemi menyebabkan pembatasan kehadiran peserta. Namun secara nasional, peserta di seluruh wilayah negeri ini mengikutinya secara virtual.

Kepada para peserta, Menpora Zainuddin menjelaskan pihaknya diminta Presiden untuk melakukan perbaikan tata kelola pembinaan prestasi, serta sinergitas antara pemangku kepentingan olahraga, baik tingkat pusat dan di daerah.

"Tidak ada prestasi yang hasilkan dengan instan. Tentunya dibutuhkan pembinaan jangka panjang, terstruktur dan berkesinambungan dengan dukungan semua pihak," ujarnya.

Menpora menjamin, secara konsisten, Pemerintah akan memberikan penghargaan kepada para atlet yang berprestasi, serta memperkuat daya dukung kementeriannya bagi kaum difabel.

"Pemerintah akan memberikan penghargaan kepada para atlet yang berprestasi. Kita juga bertekad, Kemenpora akan menjadi Kementerian yang sangat ramah dengan kaum difabel. Penghargaan ini juga diberikan kepada yang telah berkontribusi dalam pengembangan olahraga Nasional," terangnya.

Di akhir laporannya, Menpora Zainuddin Amali membacakan nama atlet yang menerima penghargaan dari berbagai cabang.

Presiden RI Joko Widodo dalam puncak peringatan Haornas kali ini memberikan apresiasi besar kepada para atlet yang telah mengharumkan nama bangsa. Presiden mengatakan, prestasi yang telah diraih dan sangat menginspirasi ini sangatlah membanggakan bagi Indonesia. Hal tersebut mesti dijadikan semangat agar dapat melahirkan atlet berprestasi pada masa-masa yang akan datang.

"Prestasi olahraga harus terus ditingkatkan. Prestasi dihasilkan oleh sebuah proses, maka dari itu kita harus fokus bekerja agar semakin banyak lahir atlet unggul dan berprestasi. Prestasi membanggakan yang ditunjukkan para atlet kita ini menunjukkan bahwa cerminan prestasi olahraga kita sekarang ini mengalami perbaikan," tutur Presiden.

Presiden Jokowi kemudian mengajak para pemangku kepentingan dapat saling bersinergi meningkatkan olahraga sehat dan olahraga menjadi prioritas sebagai bagian untuk kemajuan bangsa.

Hadir mengikuti Peringatan Haornas di Aula Setdakab Aceh Tamiang, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Muslizar beserta jajaran pejabat di lingkup Disparpora dan para perwakilan unsur Forkopimda.