Aceh Tamiang: Kamis, (24/06/21) Bertempat di Aula BKPSDM, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melaksakan uji potensi dan kompetensi seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama untuk empat formasi, yakni posisi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tamiang, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Tamiang, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, dan Kepala Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik.

Berdasarkan Berita Acara Penetapan Hasil Seleksi Administrasi Nomor Pansel_JPT/03/2021 tanggal 22 Juni 2021, Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kabupaten Aceh Tamiang menetapkan sebanyak 17 (tujuh belas) peserta dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Kepala BKPSDM Dra. Fauziati menyatakan ketujuh belas peserta ini telah memenuhi persayaratan administrasi sesuai pengumuman Nomor Pansel_JPT/01/2021 tanggal 8 Juni 2021 tentang Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2021.

“Alhamdulillah, para peserta adalah PNS terbaik dan telah memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi. Saya ucapkan selamat berkompetensi, apapun hasilnya nanti itulah yang terbaik”, ujar Fauziati.

Sebelum seleksi dimulai, Sekda Aceh Tamiang, Drs. Asra memberikan sedikit arahan kepada para peserta.

“Sudah selayaknya kita bersyukur sebab diberi kesempatan untuk menjadi peserta seleksi JPT ini. Tidak semua orang mendapatkan kesempatan ini. Kewajiban kita hanya mengikuti seleksi sesuai aturan BKPSDM, perihal hasilnya nanti semua kembali kepada diri sendiri”,tutur Sekda.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Usaha BKN Kantor Regional III Aceh selaku tim Asesor, Untung Pujiantoro, S.Sos, M.M. Beliau menyatakan bahwa peserta sudah mengikuti satu proses administrasi yang artinya peserta sudah memenuhi standard dan terbukti baik di Lingkungan Pemda Aceh Tamiang.

“Seleksi diikuti oleh putra daerah sendiri ternyata. Ini menjadi kesempatan emas untuk membangun Aceh Tamiang menjadi lebih besar. Tunjukkan dan keluarkan kemampuan yang Bapak/Ibu miliki agar mendapatkan hasil yang terbaik”, ujar Untung.

Beliau juga berpesan, selama mengikuti proses seleksi peserta hendaknya memperhatikan kondisi kesehatan. Sebab ini menjadi faktor berpengaruh terhadap kemampuan para peserta. Beberapa tahapan seleksi yang harus dilalui peserta yakni Seleksi Adminitrasi - Uji Potensi dan Kompetensi - Persentasi Makalah dan Wawancara - Leaderleas Group Discussion (LGD). Setiap formasi yang akan dilamar, akan diikuti oleh tiga peserta terpilih untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.