Aceh Tamiang: Wakil Bupati Aceh Tamiang, H. T. Insyafuddin, ST bersama unsur/perwakilan Forkopimda Aceh Tamiang dan instansi terkait mengikuti Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila Tahun 2021 secara Virtual Reality, bertempat di Ruang Rapat Bupati pada Selasa, 1 Juni 2021.

Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila secara virtual tersebut, bertindak sebagai inspektur Upacara Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo. Acara dimulai sekitar pukul 08.00 WIB, dimulai dengan prosesi salam kebangsaan, penghormatan kebesaran, pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR RI dan pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPR RI.

Membacakan amanatnya, Jokowi menyampaikan bahwa Peringatan Hari Kelahiran Pancasila setiap 1 Juni bertujuan untuk terus mengokohkan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

"Tentunya banyak tantangan dari dalam dan luar negeri seperti rivalitas antar pandangan, nilai-nilai dan ideologi. perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi perkembangan ideologi transnasional. Disamping itu, kecepatan ekspansi ideologi transnasional radikal juga dapat mengganggu stabilitas ideologi lainnya. Dalam menanggapi hal ini, diperlukan cara dalam menghadapinya yaitu salah satunya adalah dengan terus melakukan pembinaan ideologi pancasila dan revolusi industri 4.0," jelasnya.

"Saya berharap kepada seluruh rakyat Indonesia untuk terus membantu untuk menegakkan nilai-nilai Pancasila demi kokohnya ideologi Pancasila kita. Terakhir Saya ucapakan selamat memperingati Hari Lahir Pancasila kepada seluruh rakyat Indonesia," ucapnya penuh harap.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan Do'a juga laporan komandan upacara kepada inspektur upacara menandakan berakhirnya upacara.

Selain perwakilan unsur Forkopimda, turut hadur Asisten Pemerintahan, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, Sekretaris Kesbangpol, Kabag Humas, Kabag Umum, dan Kabag Tata Pemerintahan.