Aceh Tamiang: Pada Jum’at (23/04/21), Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh menggelar Pertemuan Sosialisasi dan Pemantapan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) Tahun 2021 di Aula SKB Aceh Tamiang.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka langsung oleh Bupati Aceh Tamiang yang diwakili Asisten Administrasi Umum, Ir. Adi Darma, M.Si. Dalam kata sambutannya, Asisten Administrasi Umum membacakan amanat Bupati Aceh Tamiang yang mengatakan bahwa alih fungsi lahan pertanian merupakan ancaman serius terhadap ketahanan dan keamanan pangan.

“Semakin hari alih fungsi lahan semakin meningkat akibat kebutuhan hunian/tempat tinggal menjadi hal penting yang harus segera dicari solusinya, salah satunya adalah dengan membuat peraturan yang dapat melindungi seluruh area lahan tanaman pangan kita dalam Peraturan Bupati/Perbup tentang penetapan lahan pertanian pangan bekelanjutan (LP2B) dan lahan cadangan pertanian pangan berkelanjutan (LCP2B),”jelas Adi Darma.

Ketersediaan lahan untuk pertanian merupakan syarat mutlak untuk mewujudkan kemandirian, ketahanan, dan kedaulatan pangan. Namun, lahan pertanian Indonesia cenderung berkurang akibat konversi lahan. Karena itu, penetapan lahan pertanian pangan berkelanjutan dan pengaturan alih fungsi lahan pertanian pangan merupakan salah satu kebijakan yang sangat strategis untuk mencapai ketahanan pangan.

Kabupaten Aceh Tamiang sendiri, penetapan LP2B ditetapkan seluas 9.300,08 Ha dalam Draft Peraturan Bupati Aceh Tamiang Tahun 2021 sesuai Keputusan Menteri ATR/BPN Tahun 2019 tentang Penetapan Luas Lahan Baku Sawah Nasional yang saat ini dalam proses penandatanganan.

Dalam menyusun arah kebijakan program Daerah, khususnya dibidang pertanian dan ketahanan pangan, LP2B harus memiliki data luasan yang valid untuk masuk kedalam RTRW Kabupaten Aceh Tamiang.

“Harapan Kami melalui Sosialisasi ini, kiranya dapat meningkatkan pemahaman para paserta di bidang pertanian, sehingga dapat mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan untuk kesejahteraan masyarakat yang ada di Bumi Muda sedia yang kita cintai ini,” tutupnya.

Acara ini dihadiri langsung oleh Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Fakhrurrazi, SP, M.Sc., Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Aceh Tamiang, Yunus, SP., Tenaga Ahli Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Dr. Purwana Satriyo, S.TP, MT, Kepala Badan Pusat Statistik Aceh Tamiang, Perwakilan OPD Aceh Tamiang, Para Camat dalam Lingkup Kabupaten Aceh Tamiang dan Balai Penyuluhan Pertanian kecamatan Kabupaten Aceh Tamiang.