Aceh Tamiang: Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M. Kn bersama Forkopimda Kabupaten mengikuti Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 dan Mitigasi Bencana Wilayah Aceh yang dilaksanakan oleh Pemerintah Aceh bersama Ketua Satgas Nasional Penanganan Covid-19 yang juga merupakan Ketua BNPB secara virtual, pada Selasa (20/04/21).

Rakor ini, dilaksanakan sebagai upaya mencegah terjadinya kembali lonjakan kasus Covid-19 dan juga sebagai upaya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

Kepala BNPB Letjen. Dr. (HC) Doni Monardo saat diforum tersebut menyampaikan apresiasinya kepada segenap jajaran yang bertugas membantu mencegah dan memutuskan mata rantai Covid-19. Ia katakan menurut pantauannya, bahwa pengendalian di Aceh dalam penanganan Covid-19 masih berjalan sangat bagus.

Selanjutnya, Paparan yang disampaikan oleh Wiku Adisaswito dari Unsur BNPB tentang Update Perkembangan Kasus Harian Covid-19 pertanggal 19 april 2020. Paparan tersebut berisikan tentang tren kenaikan kasus Covid-19 dan strategi pengendalian Covid-19 secara berjenjang di Indonesia.

Usai pemamparan tersebut, Kepala BNPB kembali mengambil alih bicara. Ia kemudian mengungkapkan dalam menghadapi Covid-19 harus secara paralel, disiplin, dan kompak.

“Kita harus Satu Komando. Laksanakan 3M, 3T, Vaksin, Disiplin, Kompak dan Konsisten akan sangat membantu mencegah penyebaran Covid-19 semakin meluas,” ungkapnya.

Usai membahas tentang penangan Covid-19, Doni Monardo membahas tentang mitigasi bencana. Ia katakan, bahwa Aceh sejak dahulu memiliki resiko tinggi dalam menghadapi bencana. Rapat ini dilakukan sebagai upaya koordinasi, evaluasi dan kesiapsiagaan serta berinisiatif untuk melakukan tindakan pencegahan dan pengurangan risiko bencana.

Selain Kabupaten Aceh Tamiang, acara ini diikuti oleh seluruh Kepala Daerah Kabupaten/ kota dalam Provinsi Aceh, Kepala Pelaksana BPBD, Kadinkes, Direktur RSUD, Kepala Puskesmas seluruh Aceh.