Aceh Tamiang: Kamis (01/04/21) Bertempat di Aula Setdakab, Bupati Aceh Tamiang yang diwakili oleh Wakil Bupati Aceh Tamiang, H. Tengku Insyafuddin, SH menerima 100 Mahasiswa Universitas Samudra Langsa yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Wilayah Kabupaten Aceh Tamiang.

Dalam penerimaannya, Wakil Bupati Aceh Tamiang mengucapkan selamat datang kepada para Mahasiswa UNSAM yang akan melaksanakan KKN.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang mengucapkan Selamat datang kepada Mahasiswa/Mahasiswi Unsam peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode I Tahun 2021. Dan terima kasih atas kepercayaan dari Bapak Rektor Universitas Samudra Langsa yang telah memilih Kabupaten Aceh Tamiang, sebagai tempat Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN),” tutur T. Insyafuddin.

Beliau menuturkan kepada mahasiswa sebagai kaum intelektual dan pembaharuan, harus memperkaya diri dengan berbagai pengetahuan dan meningkatkan kualitas, sehingga dapat memberikan kontribusi pemikiran bagi suksesnya pelaksanaan pembangunan.

“Harapan Kami, kepada Para peserta KKN untuk dapat membantu mengurai permasalahan yang ada di masyarakat, dengan melakukan pemberdayaan masyarakat desa menuju peningkatan kesejahteraan sehingga mendorong terjadi perubahan perilaku mahasiswa sebagai agent of change dalam proses perubahan masyarakat untuk menjadi lebih baik,
” pungkas Wabup.

Wakil Bupati juga mengajak para mahasiswa untuk semangat membangun Kampung, mengoptimalkan kompetensi, tugas dan fungsi masing-masing dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Aceh Tamiang yang Mandiri, dan berdaya saing menuju masyarakat Islami yang Sejahtera. Melalui adanya mahasiswa KKN di tengah masyarakat besar harapan dapat merubah mindset masyarakat bahwa begitu pentingnya pendidikan bagi masyarakat, sehingga lebih terpacu terutama dalam meningkatkan SDM yang handal.

Rektor Universitas Samudra Langsa, Dr. Bachtiar Akob, M.Pd dalam pembukaannya menyampaikan pelaksanakan Program KKN ini tetap harus dijalankan meskipun ditengah wabah pandemi Covid-19.

“Dalam situasi pandemi, Unsam sebagai lembaga akademisi tidak memandang keadaan senang ataupun tidak senang. Mengingat Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian) yang harus tetap dijalankan tanpa mengenal waktu. Untuk itu, kami mengirimkan kader mahasiswa yang akan menyelesaikan studi” jelas Bachtiar Akob.

Bachtiar menjelaskan tujuan dilaksanakannya KKN ini sebagai wadah pengujian mahasiswa atas ilmu yang telah ditimba sesuai dengan disiplin ilmu semasa duduk di perkuliahan.

“KKN ini bersifat mutualisme antara mahasiswa dan masyarakat. Mahasiswa akan menerapkan ilmunya untuk membantu masyarakat, dan masyarakat mendapatkan wawasan baru. Mahasiswa ini memiliki ilmu dan akal yang waras. Akan tetapi mereka tetap membutuhkan dukungan dari pemerintah dan masyarakat dalam menjalankan tugas pengabdian mereka” tambahnya.

Terakhir Ia juga berpesan kepada mahasiswanya untuk tetap menjaga adat istiadat setempat, berkolaborasi antara mahasiswa yang berasal dari jurusan lain agar dapat berbaur dan menyatu dengan masyarakat. Rasa senang yang timbul dimasyarakat merupakan bukti keberhasilan para mahasiswa dalam menerapkan ilmunya selama ini.

Diakhir acara, dilakukan pemasangan secara simbolis atribut KKN kepada mahasiswa oleh Wakil Bupati Aceh Tamiang didampingi Rektor Unsam serta pemberian Plakat dari Rektor Unsam kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang.

Dalam acara serah terima Mahasiswa KKN Unsam dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Desa Melalui Penguatan Inovasi dan Kreativitas KKN Universitas Syiah Kuala di Kabupaten Aceh Tamiang” ini turut dihadiri Ketua LPPM dan PM, Bustami, SH, MA, Perwakilan Majelis Pendidikan Daerah, M. Nurdin Hamid, M.Pd, para Civitas Akademika Universitas Samudra, Camat Bandar Pusaka, Drs. Abdul Muthalib, Sekretaris Kecamatan Rantau, Rizki Amara Taufani, S.IP, M.AP serta perwakilan Datok Penghulu Kecamatan Rantau dan Kecamatan Bandar Pusaka tempat Mahasiswa akan KKN akan menjalankan programnya.