Aceh Tamiang: Kamis (25/03/21) Bupati Aceh Tamiang diwakili Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, Drs. Abdullah didampingi Ketua Umum BPC HIPMI Aceh, Risky Syahputra dan Ketua Karateker BPC HIPMI Kabupaten Aceh Tamiang, M. Edo Tamara, SE secara resmi membuka Muscab ke V Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Aula SPNF SKB Karang Baru, Aceh Tamiang.

Pelaksanaan Muscab Ke-V Badan Pengurus Cabang (BPC) HIPMI Aceh Tamiang Tahun 2021 ini mengusung tema “Eksistensi Pengusaha Muda Solusi Generasi Bangsa”.

Plt. Sekda Aceh Tamiang, Drs. Abdullah dalam kesempatan ini membacakan amanah Bupati terkait keberadaan HIPMI dalam menjawab tantangan perubahan wajah Bumi Muda Sedia dalam penanggulangan kemiskinan, peningkatan kesempatan kerja, revitalisasi pertanian, perkebunan, perikanan dan kelautan.

“Kita harus menyadari bahwa, segala usaha dan upaya untuk mengembangkan dan meningkatkan perekonomian diberbagai sektor unggulan di Bumi Muda Sedia ini, masih saja dihadapkan pada berbagai tantangan dan kendala. Kita semua dituntut untuk lebih cerdas dalam menciptakan suatu terobosan dan menggali serta mengembangkan usaha-usaha strategis sebagai sumber pendapatan masyarakat,” ungkap Plt.Sekda.

“Keberadaan HIPMI harus mampu mendesain program kerja dan keputusan yang dapat menjawab tantangan dan hambatan pembangunan, yang disesuaikan dengan kemampuan, situasi, dan kondisi wilayah, yang sejalan dengan arah prioritas pembangunan Daerah Kabupaten Aceh Tamiang," sambungnya lagi.

Secara pribadi, Drs. Abdullah mengucapkan rasa bangga terhadap anak muda yang memiliki jiwa enterpreneur. Melalui HIPMI semoga ini menjadi rongga dasar dalam berbisnis.

“Saya bangga dengan anak muda di ruangan ini. Pesan saya bagi para anggota HIPMI untuk memiliki pola integritas, dalam membangun suatu kerja, kita harus memiliki kinerja. Jagalah kualitas. Melalui musyawarah cabang ini, kiranya dapat memberi peluang kepada saudara-saudara anggota HIPMI untuk dapat berbuat, selain mengembangkan sektor usaha didaerah, kiranya juga dapat mengajak para investor untuk mau menanamkan modalnya didaerah kita,” ajak Abdullah.

Tak lupa pula Drs. Abdullah mengajak anggota HIPMI satukan langkah guna meningkatkan berbagai sektor pembangunan yang lebih matang, secara terkoordinasi, sinkronisasi serta upaya-upaya sinergistik dalam mencapai dan menetapkan suatu sasaran dan program kerja, untuk melahirkan upaya kita bersama dalam ikut berperan memajukan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Bumi Muda Sedia yang kita cintai ini.

Diawal acara, Alfin Nasyiri selaku Ketua Panitia Pelaksana melaporkan bahwa pengambilan tema Muscab kali ini berasal dari situasi perekonomian saat ini.

“Eksistensi pengusaha muda saat ini lebih condong secara individu. Maka kita berupaya merangkul dalam sebuah wadah untuk berhimpun. Wadah inilah yang nantinya menjadi solusi bagi generasi bangsa, terutama daerah Aceh Tamiang. Terlebih lagi seperti kita ketahui bersama selama masa pandemi Covid-19 seluruh kegiatan usaha mengalami gangguan. Nah disinilah peran BPC HIPMI Aceh Tamiang untuk mewadahi kita semua,” jelas Alfin.

Sementara itu, Ketua Karateker BPC HIPMI Aceh Tamiang, M. Edo Tamara, SE mengatakan “semoga dengan diadakannya Muscab ini akan mendapatkan kepengurusan yang baru. Besar harapan saya semoga ketua yang baru akan dapat membawa HIPMI Aceh Tamiang mejadi lebih baik ke depannya, lebih kreatif dan inovatif dimasa yang akan datang” ujar Edo.

Pada kesempatan itu juga, Ketua BPD HIPMI Aceh, Risky Syahputra menuturkan awal mula terbentuknya HIPMI pada tahun 1972.

“Saat itu, belum adanya bangsa pribumi yang menjadi pengusaha. Oleh sebab itu, para pengusaha berupaya membangkitkan niat dan jiwa usaha para pribumi. Terkhusus di era sekarang sangat penting untuk membangkitkan jiwa enterpreneur muda. Melalui muscab ini dapat mengubah paradigma kepengurusan yang baru," Pungkasnya.

Muscab HIPMI Ke-V turut dihadiri Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga Disparpora, Juli Darma Bakti, S.Pd, Ketua BPC HIPMI Kota Langsa, M. Ibnu Sina dan Ketua DPD II KNPI Aceh Tamiang, Arif Wildan.