Aceh Tamiang: Wakil Bupati Aceh Tamiang H. T. Insyafuddin, ST membuka Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Bappeda Aceh Tamiang. Giat tersebut mengusung Tema "Percepatan Pemulihan Ekonomi, Penguatan SDM dan Optimalisasi Kesehatan" dan dilaksanakan di Aula Bappeda Aceh Tamiang, pukul 10.30 Wib pada Rabu (24/03/21).

Membuka acara tersebut, Wabup Insyafuddin membacakan amanat Bupati Aceh Tamiang. Ia mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk tanggungjawab bersama dan juga lanjutan dari Musrenbang kecamatan dan tentunya forum ini memiliki arti penting dalam menyampaikan aspirasi masyarakat.

"Curahkan semaksimal mungkin perhatian kita kepada masalah ini. Mengingat saat ini masalah yang utama ialah kekurangan anggaran, jadi di sarankan kepada Seluruh SKPK untuk dapat menyambangi provinsi, menyambangi aspirasi dewan baik DPRA dan APBN, agar bisa bertambah anggaran kita. Berbagai sektor harus kita tingkatkan, kita harus melakukan usaha lebih sehingga kinerja kita menjadi maksimal," tuturnya.


Selanjutnya, Ia mengharapkan agar peserta dapat memahami mekanisme dan prosedur yang berlaku sehingga bisa menghasilkan rencana kerja yang baik.

"Berikan prioritas dan integritas kita untuk percepatan Pembangunan Daerah. Bekerja dengan hati maka akan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi diri kita. Maka semakin banyak kita berikan layanan makin banyak bahagia yang didapat, oleh karenanya berikan layanan dengan ikhlas dan senyuman penuh cinta sehingga dalam membantu Pemerintah kita merasakan kebahagiaan," tutupnya memberikan nasihat.

Sebelumnya selaku Kepala Bappeda Drs. Rianto Waris dalam laporannya menjelaskan bahwa kapasitas ril APBK mengalami penurunan selama 2 tahun ini, dimana kemampuan keuangan daerah masih di golongkan rendah. Oleh karenanya Ia mengatakan diperlukan adanya upaya yang maksimal salah satunya ialah menggali potensi PAD baru. Tentunya strategi sangat diperlukan untuk meningkatkan pendapatan daerah dengan cara salah satunya, upaya penggalangan dan pemanfaatan program kegiatan yang didanai oleh lembaga mitra.


Selain itu Ia juga mengatakan bahwa maksud diselenggarakan kegiatan ini, untuk menyamakan persepsi dan pemahaman dalam menentukan program dalam Spenyesuaian prioritas rencana kerja daerah, indikator serta target kerja program sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah.

Kegiatan ini tampak dihadiri oleh seluruh Kepala OPD di lingkungan Kabupaten Aceh Tamiang, Kepala Bagian dilingkungan Setdakab Aceh Tamiang, Lembaga Keistimewaan, Para Camat dalam Kabupaten Aceh Tamiang serta seluruh undangan lainnya.