Banda Aceh : Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M.Kn memberikan apresiasi kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Aceh Tamiang yang telah mendapatkan penghargaan di Hari Pers Nasional (HPN) 2021 pada Hari Jadi ke - 75 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Apresiasi tersebut disampaikan oleh Bupati Mursil secara khusus kepada PWI Aceh Tamiang usai Malam Anugerah PWI Aceh yang berlangsung di Anjong Mon Mata pada Senin (8/2/2021) sekira pukul 20.30 WIB hingga selesai.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang mengucapkan selamat atas penghargaan yang diterima PWI Aceh Tamiang dalam Peran Serta Memajukan dan Mengembangkan Pers di Daerah yang telah ditetapkan oleh Panitia Malam Anugerah PWI Aceh sebagai salah satu penerima penghargaan dari 5 Kabupaten/Kota," sebut Mursil saat Temu Ramah dengan Pengurus PWI Aceh Tamiang.

Ia mengatakan Meski ditengah Pandemi Covid-19 yang saat ini terjadi, Pers tetap menunjukkan kontribusinya mengawal demokrasi dan membantu pemulihan ekonomi melalui informasi yang membangun. Tentunya hal tersebut sesuai dengan tema HPN 2021, “Bangkit Dari Pandemi, Pers Sebagai Akselerator Perubahan dan Pemulihan Ekonomi'”.

Menurut Bupati Mursil, Pers selama ini telah membantu Pemerintah dalam hal menyampaikan informasi yang objektif, membangun dan mengedukasi masyarakat. Untuk itu, Bupati Mursil mengharapkan kedepannya PWI serta Pemerintah Daerah dapat terus meningkatkan kemitraannya dalam rangka membangun daerah. Dikatakannya juga, Pers merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan berdemokrasi di Indonesia saat ini dalam melakukan fungsi kontrol terhadap pemerintah.


"Pers juga dapat menciptakan kualitas demokrasi yang lebih baik dan dapat menangkal hoaks mengenai COVID-19 yang selama ini marak dilakukan di media sosial (medsos) mengenai vaksin dan sebagainya. Oleh karenanya, saya berharap Pers dapat meluruskan mengenai hoaks yang berkembang agar dapat menciptakan situasi kondusif di tengah masyarakat, terlebih di tengah pandemi COVID-19 yang saat ini sedang melanda,” sambungnya lagi.

Diakhir pengharapannya kepada PWI Aceh Tamiang, Mursil menyampaikan Pers merupakan penyambung informasi yang baik kepada masyarakat umum. Semoga seluruh insan pers dapat melakukan aktivitasnya dengan selalu menjaga kesehatan dan imun tubuh dan menerapkan protokol kesehatan.