Aceh Tamiang : Wakil Bupati Aceh Tamiang H. Tengku Insyafuddin, ST memimpin  acara Audiensi LPTQ Labura ke  Kabupaten Aceh Tamiang berlangsung di Aula Rapat Bupati sekira pukul 09. 35 Wib pada Jum'at (8/1/2021).

Dalam arahannya Wabup  menyampaikan terimakasih kepada Ketua Tim Rombongan dari LPTQ Labura yang telah hadir di Kabupaten Aceh Tamiang, mudah-mudahan, lanjutnya melalui pertemuan ini, dapat mempererat tali silaturrahmi antar 2 (dua) Kabupaten hingga syiar Islam dapat membumi di seluruh pelosok negeri khususnya Kabupaten Aceh Tamiang dengan Labura.

Wabup juga sedikit menceritakan tentang keistimewaan Provinsi Aceh, khususnya di Kabupaten Aceh Tamiang. Ia sampaikan bahwa dalam menaungi syari’at islam di  Bumi Muda Sedia, Pemkab Aceh Tamiang memiliki 3 (tiga) lembaga yakni, Dinas Syari'at Islam, Dinas Pendidikan Dayah dan Baitul Mal. Melalui Lembaga inilah, sambungnya, kegiatan syari'at islam dapat berdiri secara kaffah di Aceh khususnya di Bumi Muda Sedia.

Pada kesempatan yang sama juga dijelaskan oleh Wabup, bahwa melalui bincang bincang ini, selain bersilaturrahmi  dapat  menjadi ajang pertukaran informasi dan pengetahuan terkait program-program yang sudah dilaksanakan pada kedua Kabupaten  yang berguna untuk perbaikan kinerja pada LPTQ dimasa mendatang.

Sebelumya arahan dari Ketua Tim rombongan dari Labuhan Batu Utara (Labura) Tasrip, MA menyampaikan bahwa Bupati, Wakil Bupati, para Asisten dan Kabag Kesra Setdakab Labura menitip salam dan mohon maaf tidak dapat berhadir pada acara ini dikarenakan adanya kagiatan di Labura yang tidak dapat ditinggalkan.

Tasrip juga menyampaikan bahwa di Labura program Maghrib mengaji juga sudah berjalan  mulai dari waktu maghrib  hingga isya yang bertujuan  agar anak-anak terjaga waktu maghrib dan isya dan Shalat secara berjama'ah. Adapun tujuan Kami berkunjung ke Aceh Tamiang yang pertama dan utama untuk bersilaturrahim, dan ingin belajar, serta bertukar informasi dan pengalaman terkait program  Syiari'at  Islam yang sudah berjalan di Aceh Tamiang sehingga apa yang belum ada di Kabupaten Labura kedepan akan kami terapkan.

Selanjutnya ia memaparkan sederetan  prestasi yang ditoreh oleh Labura diantaranya  pernah menjadi juara ke- 2 MTQ di tingkat nasional. Dijelaskannya, dalam mengembangkan bakat dan kemampuan di Bidang Al-Qur'an Kabupaten Labura melalui LPTQ mengirim para paserta untuk mengikuti pelatihan di Bogor, dan juga dijelaskan upaya dan langkah dari LPTQ Labura dalam meningkatkan dan mengoptimalkan syi’ar islam agar menggema di Kabupaten Labura, yakni dengan  melakukan sidak kedaerah-daerah terkait apa yang dilakukan oleh pembina bagi hafiz dan tilawah di Kecamatan yang ada di Labura, serta memberikan pelatihan dan bimbingan dan pembinan  bagi  peserta hafiz dan tilawah.

Selanjutnya arahan juga disampaikan oleh Kadis syariat Islam Syamsul Rizal, SAg terkait  pengembangan LPTQ. Dikatakan olehnya bahwa, di Aceh Tamiang ada 26 (dua puluhnenam) Dayah/Pesantren, tersebar di tiap-tiap Kecamatan yang ada program tahfiznya. LPTQ Aceh Tamiang terus berupaya melakukan pembinaan dan bimbingan bagi para peserta hafiz dan seni Qira’ah untuk mempersiapkan diri di ajang perlombaan MTQ baik ditingkat Daerah, Provinsi dan Nasional bahkan di Internasional.

Terkait program pada Dinas Syari’at Islam, Syamsul Rizal menginformasiakan dalam pengembangan syari'at islam, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang telah melaksanakan beberapa program seperti  Program Maghrib  Mengaji wajib bagi para pelajar di  tingkat SD dan SMP,  dengan Guru Mengaji sebanyak 1220 orang guru, dan 142 orang koordinator.

“Dalam hal ini Dinas Syari'at Islam juga telah  melahirkan program Imam  Hafiz Qur'an 30 juz yang akan mengisi mesjid-mesjid  di tiap kecamatan  yang ada di Aceh Tamiang sambungnya lagi dan ini sudah berjalan selama 2 (dua) tahun  dan mendapatkan gaji dari Pemerintah Daerah,”ungkap Syamsul Rizal.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab terkait program serta  upaya dan langkah yang diterapkan oleh  LPTQ selama ini, dalam mempersiapkan kader kader generasi muda islami berprestasi saat ini maupun di masa yang akan datang. Selanjutnya acara penyerahan pelakat yang diserahkan oleh Wabup kepada Ketua Tim Rombongan LPTQ Labura dan dilanjutkan dengan sesi photo bersama.

 Acara dihadiri oleh Ketua Tim Rombongan LPTQ Labura Tasrip, MA beserta segenap rombongan, Kadis SI dan segenap jajaran, Sekretaris Baitul Mal segenap dan segenap jajaran.