Aceh Tamiang : Masa jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang H. Basyaruddin, SH telah berakhir. Sebagai bentuk penghormatan bagi Beliau, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang menggelar pelepasan purna Tugasnya bertempat di Aula Setdakab Aceh Tamiang pada Rabu malam (30/12/20).

Acara dimulai dengan penyampaian sambutan salam perpisahan untuk Bapak Basyaruddin, yang disampaikan oleh Drs. Abdullah selaku Plt. Kadis Pendidikan dan Kebudayaan mewakili para Kepala OPD dalam Kabupaten Aceh Tamiang.

"Selama 2 (dua) tahun Beliau menjalankan jabatan sebagai Sekda tentulah banyak suka dan dukanya. Dan hal yang perlu diketahui bersama ialah keberhasilan yang diperoleh selama tahun 2019 terutama terkait penataan Kota Kualasimpang. Bapak Sekda telah memberikan dukungan penuh dalam hal ini, tentunya ide penataan Kota ini dari Bapak Bupati Aceh Tamiang, dan Bapak Sekda sangat antusias dan memberikan dukungan penuh terlaksananya penataan tersebut," ujarnya.

Selain itu juga, suatu inovasi yang diberikan ialah terkait TPP (Tambahan Penghasilan Pegawai) yang telah dilaksanakan bagi ASN di Kabupaten Aceh Tamiang dan tentunya menjadi suatu kebanggaan bagi para Pegawai.

"Dengan terwujudnya TPP, ini merupakan langkah mendekati keadilan, yang mana sebenarnya adil merupakan kata yang sulit kita terapkan. Namun dengan adanya TPP ini menjadi sebuah keadilan bagi para pegawai, " tuturnya.

"Atas pengabdian Bapak selama dua tahun, kami ucapkan terima kasih. Selamat memasuki masa purna tugas Bapak H. Basyaruddin, SH", sambungnya lagi menyampaikan salam perpisahan.

Rasa haru menyelimuti suasana malam pelepasan. Acarapun dilanjutkan dengan sambutan dari Sekda Basyaruddin. Basyaruddin dalam arahannya sedikit mengenang perintah yang diberikan Bapak Bupati Mursil kepadanya. Dimana Bupati Mursil memberikan perintah kepadanya untuk dapat mendisiplinkan para Pegawai di Kabupaten Aceh Tamiang.

"Menjadi suatu tantangan bagi Saya mendapat perintah tersebut dari Bapak Bupati. Atas dasar itu lah kita membuat program TPP, dengan adanya TPP ini dirasa suatu tindakan yang adil bagi para pegawai, dan tentunya adil itu mendekati taqwa, " terangnya.

Disamping itu pula ia mengatakan bahwa menerapkan segala program-program di Pemerintah tidaklah mudah dan tentu memiliki proses.

"Bapak Bupati memiliki banyak sekali ide yang ingin dikembangkan untuk kemajuan Kabupaten Aceh Tamiang. Dan disini kita harus berfikir bagaimana kita secara bersama-sama berjibaku untuk merealisasinya. Maka dari itu, segala proses kita jalani terlebih lagi terkait keinginan Beliau untuk penataan Kota Kualasimpang ini. Namun Saya percaya dengan dukungan yang kita berikan maka Kabupaten Aceh Tamiang kedepannya dapat menjadi lebih baik lagi, " ujarnya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemutaran video ucapan purna tugas dari para Kepala Bagian di Setdakab Aceh Tamiang.

Usai menyaksikan ucapan selamat yang diberikan kepada Sekda Basyaruddin, Bupati Mursil diberi kesempatan menyampaikan kesan dan pesan teruntuk Bapak Basyaruddin. Iapun mengawali ucapan selamat kepada Pak Sekda.

"Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Basyaruddin. Selama bekerjasama dengan Beliau Saya merasa sangat nyaman dan tentunya Beliau sangat berhati-hati dalam menghadapi Saya. Alhamdulillah banyak prestasi yang telah dihasilkan selama bersama Bapak Sekda dan terima kasih juga atas dukungan yang telah Bapak berikan selama ini, " ujarnya sembari tersenyum.

Menanggapi penataan Kota Kualasimpang yang disampaikan sebelumnya, Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M. Kn mengatakan bahwa dalam proses membenahi Kota Kualasimpang selain dari kerja keras kita semua, pastilah karena pertolongan dari Allah, SWT sehingga proses tersebut berjalan lancar.

Ia juga menyadari bahwa dalam memimpin Kabupaten Aceh Tamiang ini banyak di bantu oleh Wakil Bupati dan juga Sekda. Untuk itu, semua lompatan prestasi yang telah diraih ini atas kinerja kita semua dan atas ridho dari Allah SWT.

Usai serangkaian sambutan, acara ditutup dengan tausyiah dan pemberian cinderamata dari para Kepala OPD kepada Sekda Basyaruddin, SH.

Hadir dalam kegiatan ini Unsur Forkopimda, Ketua TP-PKK Kabupaten, Ketua BKMT Kabupaten, para Kepala OPD, para Kabag dan Kasubbag Setdakab, para Camat, dan tamu undangan lainnya.