Aceh Tamiang : Pasar Kuliner Malam akan menjadi Ikon baru Kota Kualasimpang, Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M.Kn dan Wakil Bupati Aceh Tamiang, H. T. Insyafuddin, ST , pada saat menghadiri sekaligus membuka acara Pasar Kuliner Malam Kota Kualasimpang bertempat di jalan Panglima Polem Kota Kualasimpang.Tampak kegiatan ini dihadiri oleh Segenap Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, Para Asisten di Lingkungan Setdakab Aceh Tamiang, Para Kepala Perangkat Daerah, Ketua TP- PKK Kabupaten Aceh Tamiang, Camat beserta segenap unsur Forkopimcam Kota Kualasimpang, Datok Penghulu, Ketua MDSK, Tok Imam Kampung, Perangkat Kampung Kota Kualasimpang. Acara ini dimulai sekira pukul 20.00 Wib s.d pada Sabtu malam (26/12/2020).

Bupati Mursil diawal arahan menyampaikan rasa bahagianya karena melihat antusias yang begitu besar dari para penjual pasar kuliner malam Kota Kualasimpang. Dikatakan bahwa, Pihaknya ada menerima saran dari para pedagang untuk menambah luas areal jualan dikarenakan begitu besarnya minat bagi para penjual yang ingin bergabung dan menjajakan jualannya di pasar kuliner malam Kota Kualasimpang ini.

Menanggapi hal ini, Bupati Mursil mengatakan pihaknya akan berupaya untuk menambah areal jualan bagi para pedagang sampai didepan lapangan basket. Jika tidak tertampung juga, sambungnya Ia berencana akan menambahkan areal yang lebih luas lagi, agar lebih banyak lagi pedagang yang tertampung untuk berjualan disini, sehingga adanya perputaran ekonomi yang baik dan lancar yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar khususnya bagi para pedagang pasar kuliner malam kota Kualasimpang.

Dikesempatan yang sama Bupati Mursil menjelaskan bahwa Insyaallah pasar kuliner malam ini, akan terus kita kembangkan. Beliau mengilustrasikan keberadaan pasar kuliner di negara tetangga seperti di Singapura dan Malaysia yang dibuat di pinggir sungai.

"Tentunya hal ini, dapat kita buat di Aceh Tamiang dengan memanfaatkan potensi sungai yang ada di Aceh Tamiang kedepan tidak tertutup kemungkinan untuk membuat pasar kuliner siang hari di pinggir sungai. Kita juga bisa menyediakan musik seperti di pasar kuliner malam di Malaysia, seminggu sekali saja", terangnya memberi contoh.

Dikesempatan ini, Mursil juga menegaskan bahwa hiburan yang di buat tidak boleh sampai larut malam. Ia memberi batasan waktu hingga pukul pukul 22. 00 Wib atau pukul 10 malam saja. Ia juga, bersama Wabup akan terus berupaya untuk menambah fasilitas pendukung lainnya yang akan melengkapi keindahan pasar sebagai ikon baru di Bumi Muda Sedia.

Tak lupa, Mursil mengingatkan kembali serta mengajak masyarakat setempat khususnya bagi para penjual dan pembeli di pasar kuliner malam untuk bersama- sama menjaga kebersihan, keindahan dan kerapian kota kualasimpang ini, agar nantinya menjadi Ikon pasar kuliner malam kota yang berkembang dan banyak diminati baik di dalam daerah maupun diluar daerah.

Diakhir arahan Bupati Mursil menyampaikan untuk mendukung terus kinerja Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang dan juga DPRK Aceh Tamiang kedepan agar lebih baik lagi dan maju, sehingga kita tidak kalah dengan Daerah lain. Dalam hal ini, Bupati Mursil berpesan kepada BPBD agar bersinergi dengan DLHK untuk menggunakan mobil Damkar dalam melakukan penyemprotan air hal ini, dimaksudkan untuk mengurangi debu yang nantinya dapat membuat kenyamanan bagi para penikmat pasar kuliner malam kota Kualasimpang ini.

Sebelumnya laporan dari Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Rafe'i, SE menyampaikan bahwa tujuan dibuatnya pasar jajanan kuliner malam Kota Kualasimpang ini, untuk mengkonsentrasikan, para penjual/pedagang yang selama ini, berjualan diruas- ruas jalan kota kualasimpang ketempat pasar kuliner malam di jalan Panglima Polem kota Kualasimpang, sehingga nantinya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar khususnya bagi para pedagang.

Lebih lanjut Beliau menyampaikan disamping itu pula pasar kuliner malam ini, sebagai upaya untuk mendukung program penataan kota Kualasimpang yang lebih baik lagi, guna mewujudkan keindahan, dan tertib kota Kualasimpang kedepan akan menjadi ikon baru bagi kota Kualasimpang. Ditambahkannya, selain itu untuk menarik minat bagi para pengunjung untuk menikmati makanan khas Tamiang.

Pada Pembukaan Pasar Kuliner Malam ini, pihak panitia memberikan 1 (satu) kupon makan dan minum gratis bagi para undangan. Kegiatan ini, terlihat tampak meriah disertai dengan antusias dari masyarakat sekitar khususnya bagi para penjual dan pengunjung di pasar kuliner malam kota Kualasimpang yang begitu besar dimana pasar kuliner malam kota kualasimpang ini, para pengunjung dimanjakan dengan menu yang bervariasi sesuai dengan citarasa selera dari masing- masing pengunjung. Sumber : Humas Aceh Tamiang.