Rusli, (mengenakan batik, berdiri di tengah) bersama kontingen Aceh Tamiang memperlihatkan penghargaan yang diterimanya sebagai Petani Berprestasi Aceh tahun 2019 yang diserahkan saat pembukaan Pameran Aceh Horti tahun 2019, dan berlangsung pada 15-17 November 2019 di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

 

Banda Aceh – Humas: Rusli, seorang pemuda tani asal Kabupaten Aceh Tamiang mencatatkan namanya di pentas Aceh. Petani yang tergabung dalam Kelompoktani Cicem Pala, Kampung Seunebok Aceh, Kec. Bendahara ini meraih predikat Petani Berprestasi Aceh tahun 2019. Penghargaan diserahkan oleh Plt. Gubernur Aceh yang diwakili Asisten Administrasi Umum, Bukhari, Jumat (15/11/19) pada pembukaan Pameran Aceh Horti 2019, Lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan & Peternakan Aceh Tamiang, Yunus, yang mendampingi Rusli ketika menerima penghargaan tersebut mengatakan ia sangat bersyukur dan berbangga atas capaian tersebut. Menurutnya, prestasi Rusli ini dapat menjadi momentum kebangkitan petani muda di kabupaten bergelar Bumi Muda Sedia ini. Disebutkan Yunus, prestasi Rusli tersebut buah dari kerja keras dan sinergitas yang berhasil dibangun antara petani, penyuluh, dan pemangku kepentingan lainnya.

Menjadi petani sejak tamat dari SMA, Rusli berhasil meraih nilai tertinggi pada penilaian yang telah dilakukan sebelum ajang Pameran Aceh Horti 2019 digelar. Meski masih berusia muda, ia bangga menyandang status sebagai petani. Sehari-harinya, pemuda 28 tahun yang baru melepas masa lajangnya itu, mengelola lahan sawah seluas 1,2 ha. Sawah tersebut, merupakan sumber utama pendapatannya sebagai petani.

Capaian Rusli tersebut menggenapkan torehan prestasi kinerja Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Bendahara. Tahun 2016, Supardi, asal Kelompotani Keumala Kampung Cinta Raja, juga meraih prestasi serupa. Di tahun yang sama, Supardi bahkan turut menjadi penerima penghargaan Petani Berprestasi tingkat Nasional. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Resepsi Peringatan HUT RI ke 71 di Istana Negara.

Kemudian pada tahun 2018 yang lalu, Iwanto, Penyuluh Pertanian yang mendampingi Kelompoktani Cicem Pala meraih predikat sebagai Penyuluh Pertanian Berprestasi tingkat Aceh. Prestasi tersebut diserahkan dalam ajang Jambore Penyuluhan Pertanian Aceh 2018 di Meulaboh, Kab. Aceh Barat. [zuw]