Jakarta – Humas: Bunda PAUD Kabupaten Aceh Tamiang, Rita Syntia, ST, MM menerima penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2019 dari Bunda PAUD Nasional, Senin (18/11/2019), di Balai Kartini, Jakarta sekira pukul 10.00 WIB pagi tadi.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Kariem, dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini sangat istimewa karena turut dihadiri oleh Bunda PAUD terbaik se-Indonesia. Menteri Nadiem juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Ibu Negara dan Bunda PAUD Nasional, Wury Estu Handayani Ma'ruf Amin.

Bunda PAUD Nasional, Wury Estu Handayani Ma'ruf Amin, mengucapkan selamat kepada Bunda PAUD Provinsi dan Bunda PAUD Kabupaten/Kota yang telah mendapatkan apresiasi. Bunda Wury berpesan, meski telah terbukti dapat melaksanakan peran dan tugas secara optimal, namun ia meminta para Bunda PAUD dapat mempertahankan kinerja dan pelayanan PAUD yang berkualitas untuk membentuk generasi emas menuju Indonesia Maju.

“Anak usia dini seperti kertas kosong yang siap ditulis apapun di atasnya. Oleh karena itu peran orang tua dan guru amat penting, karena mereka lah yang akan mengisi dan membentuknya,” tambahnya.

Bunda PAUD Aceh Tamiang, Rita Syntia, ST, MT, yang menerima penghargaan dan penyematan pin emas dari Bunda PAUD Nasional, saat diwawancarai mengucapkan syukur kepada Allah atas apresiasi tersebut. “Alhamdulillah kita bisa meraih Apresiasi Bunda PAUD tingkat Nasional. Mudah-mudahan kedepan, kita bisa melaksanakan tugas sebagai Bunda PAUD lebih baik lagi. Bunda PAUD hebat menciptakan PAUD berkualitas!” ucap Rita dengan semangat.

Bunda Rita mengatakan, pihaknya juga akan meningkatkan lagi peran Bunda PAUD sebagai motor penggerak di daerah sehingga layanan-layanan Bunda PAUD Aceh Tamiang tercapai hingga ke kampung-kampung di kabupaten bergelar Bumi Muda Sedia ini.

“Apa yang kami raih ini sangat luar biasa dan di luar dugaan kami. Kami yakin ini rahmat Allah SWT, sehingga hari ini Bunda PAUD Aceh Tamiang mendapat penghargaan ini,” timpalnya.

Selaku Bunda PAUD Kabupaten, Bunda Rita menyampaikan pihaknya juga mendorong agar ke depan Aceh Tamiang memiliki Rumah Literasi. Rumah tersebut menurutnya sangat penting untuk meningkatkan kreativitas anak, yang di dalamnya juga terdapat layanan PAUD sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Bunda PAUD Aceh, Dyah Erti Idawati, juga menerima penghargaan Bunda PAUD tingkat Nasional.

Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2019 hanya diberikan kepada enam provinsi, yaitu Aceh, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Selatan. Pada tahun 2019 ini, acara mengangkat tema “Memantapkan Peran Bunda PAUD Menuju PAUD Berkualitas” dan dilaksanakan selama dua hari, yakni Ahad dan Senin (17-18 November 2019) di Hotel Kartika Chandra, dan di Balai Kartini, Jakarta Selatan.

Selain memberikan apresiasi bagi Bunda PAUD yang memiliki kepedulian tinggi dalam menjalankan perannya, acara ini juga digelar untuk mensosialisasikan program dan kebijakan Direktorat Pembinaan PAUD. Selain itu juga untuk memperkuat komitmen kemitraan keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat untuk mendukung pendidikan anak usia dini yang lebih berkualitas.

Turut hadir dalam acara tersebut pejabat Eselon 1 dan Eselon 2 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, para Pejabat Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota serta para Pengurus Sekretariat Bunda PAUD. [rh/as/zuw]