Tim Putra Cabang Fahmil Quran Putra Kafilah Aceh Tamiang, tengah menjawab pertanyaan pada babak penyisihan, Ahad (22/09/2019). [dok. Humas 2019]

 

Pidie – Humas: Setelah pembukaan Sabtu (21/09) malam tadi, Kafilah Aceh Tamiang, mulai memberi warna pada pelaksanaan MTQ Aceh ke 34. Cabang Fahmil Qur'an Putra, hari ini, Ahad (22/09/19), tampil perdana di Gedung Meusapat Ureung Pidie, Sigli, Kabupaten Pidie. 

Tampil dominan dan mengesankan, tiga putra terbaik asal Aceh Tamiang menyita perhatian, dan mendapat dukungan dari hampir semua penonton yang memenuhi gedung tempat berlangsungnya pertandingan penyisihan pada cabang tersebut. Ketiga putra terbaik ini adalah M. Ahsanul Fahmi, Ikhwanuddin Al-Ayubi, dan M. Ibra Al Fatra, yang selama enam bulan terakhir mendapat bimbingan dan latihan intensif dari para guru terbaik di Aceh. 

Pada babak penyisihan Cabang Fahmil Quran, yang dimulai sekira pukul 09.00 WIB pagi, wakil Bumi Muda Sedia tersebut berhadapan dengan Kafilah Kabupaten Aceh Utara dan Kota Subuslussalam. Setelah sempat kejar-mengejar perolehan angka, Kafilah Aceh Tamiang akhirnya menjadi pemenang dengan perolehan nilai akhir 1125. Sedangkan Kafilah Aceh Utara meraih nilai 750, dan Kafilah Kota Subulussalam mendapat nilai 650.

Dari hasil akhir tersebut, Cabang Fahmil Qur'an Putra, Kafilah Aceh Tamiang, dinyatakan masuk semi final, dan akan bertanding pada Hari Rabu (25/09/19) depan.  

Ahmad Nabawi, Pelatih Putra Cabang Fahmil Qur'an, mengatakan, pada saat bimbingan dan pelatihan intensif pada pemusatan latihan kemarin, ketiga peserta memang difokuskan berlatih pada soal-soal hadits dan ayat-ayat Quran. Ia berharap, anak-anak didiknya ini tetap meluruskan niat, dan terus-menerus memohon ridha Allah supaya menetapkan niat untuk mensyiarkan dan membumikan Quran dengan penampilan terbaik mereka.

Kepada masyarakat Aceh Tamiang, Nabawi berpesan supaya senantiasa berdoa bagi kebaikan Kafilah Aceh Tamiang.

Cabang Fahmil Quran, atau biasa disebut dengan cerdas cermat Alquran ini dibagi kepada dua kategori, putra dan putri. Fahmil Quran biasanya memperlombakan soal-soal seputar Hifzil Quran, Tafsir Quran, Tilawah Quran, Hadits, Fiqh, Ushul Fiqh, Bahasa Arab, Sejarah, dan sebagainya. Cabang Fahmil Quran dilaksanakan dengan sistem gugur melalui babak penyisihan, semi final, dan final. Regu pemenang pada setiap grup akan bertanding dan dipertemukan di babak berikutnya. [nir/zuw]