Wakil Bupati Aceh Tamiang Tengku Insyafuddin, ST., dan Bupati Serdang Bedagai Ir. H. Soekirman memperlihatkan Nota Kesepahaman Kerjasama e-Government terkait dukungan teknis implementasi penerapan e-Kinerja (dok. Humas 2019)

 

Serdang Bedagai – Humas: Wakil Bupati Aceh Tamiang Tengku Insyafuddin, ST. didampingi Sekretaris Daerah Basyaruddin dan Kepala OPD terkait melakukan kunjungan ke Pemkab Serdang Bedagai dalam rangka Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Kerjasama antar daerah di bidang e-Government terkait dukungan teknis implementasi penerapan e-Kinerja. Kegiatan berlangsung di Ruang Audiensi Bupati, Kompleks Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Rabu (26/6).

Bertolak usai shalat Shubuh berjamaah, Wabup Insyafuddin beserta rombongan tiba di Sei Rampah - Sergai sekira pukul 09.45 WIB. Ketibaan Wabup dan rombongan disambut langsung oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Asisten Ekonomi Pembangunan dan Sosial Kaharuddin, Kepala BPKA Sergai Gustian beserta staf.

Bupati Sergai Soekirman sangat mengapresiasi dan menyambut baik atas kunjungan silaturahmi dari Pemkab Aceh Tamiang hari ini. Dalam penyelenggaraan pemerintahan, Kabupaten Aceh Tamiang menurut Bupati Soekirman memiliki prestasi yang patut dicontoh oleh Pemerintah Daerah lainnya. Ia lantas menyebutkan, kecepatan laporan keuangan yang baik dari Aceh Tamiang dengan prestasi 5 (lima) tahun berturut-turut mendapatkan opini WTP dari BPK RI menjadi patokan bagi Pemerintah Daerah lain termasuk Pemkab Sergai untuk dapat meniru dan menerapkan laporan keuangan sesuai konsep pengelolaan keuangan Pemkab Aceh Tamiang.

“Alhamdulillah, dengan meniru pola pengelolaan keuangan Pemkab Aceh Tamiang membuat kami mendapatkan opini WTP dari BPK RI pada tahun ini pembukuan 2018 lalu,”ujarnya.

Terkait pengembangan seni budaya, Pemkab Sergai dan Aceh Tamiang rutin melaksanakan pertukaran budaya setiap tahunnya serta diharapkan semakin mendekatkan persaudaraan kita melalui seni dan budaya.

Bupati Soekirman kemudian mengatakan dalam waktu dekat, Pemkab Sergai akan segera melakukan kunjungan balasan. Kunjungan terutama untuk mempelajari pengelolaan PDAM di Aceh Tamiang yang menurutnya sudah lebih baik dan dapat diduplikasi pihaknya.  

“Kami sampai saat belum bisa meniru dan mengadopsi tentang pengelolaan PDAM yang mandiri dan dipandang baik. Maka dalam waktu dekat kami akan merencanakan untuk kunjungan dalam rangka pengelolaan PDAM tersebut ke Pemkab Aceh Tamiang. Serta banyak hal lain yang baik menjadikan kami ingin terus belajar dari Pemkab Aceh Tamiang,” lanjutnya.

Wabup Insyafuddin menyampaikan terimakasih dan merasa terhormat atas penyambutan Pemkab Sergai. Wabup kemudian menjelaskan tujuan kunjungan adalah dalam rangka menjalin silaturahmi antara kedua Pemerintah Daerah terkait akan ditandatangani Nota Kesepahaman Kerjasama Penerapan e-Kinerja serta bidang lain yang disepakati antara Pemkab Sergai dengan Pemkab Aceh Tamiang.

“Selain itu kunjungan ini dilatarbelakangi oleh keinginan kami untuk menertibkan disiplin ASN yang menjadi dilema Pemerintahan kami selama ini. Dengan penerapan e-Kinerja kedepan diharapkan menjadi solusi permasalahan tersebut. Terlebih kami menganggap Pemkab Sergai telah berhasil dalam penerapan e-Government dengan (implementasi aplikasi) e-Kinerja tersebut,” tuturnya.

Wabup Insyafuddin dan rombongan turut mengikuti acara Halal bil Halal yang diselenggarakan oleh Pemkab Serdang Bedagai. Di sana, Wabup turut memberikan kata sambutan kepada seluruh hadirin. Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Kerjasama serta penyerahan plakat dan cinderamata dari Pemkab Aceh Tamiang kepada Pemkab Sergai.

Turut ikut dalam rombongan Wabup, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Abdullah, Kepala Dinas Kominfo Amiruddin Y., Kepala Bagian Organisasi dan Kepegawaian Setdakab Padilluk Tahir dan beberapa pejabat di jajaran Setdakab Aceh Tamiang. [th/ck/zuw]