Jakarta – Humas: Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh Tamiang kembali mengikuti Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) ke 21 tahun 2019 di Jakarta. Persiapan anjungan dikoordinir langsung oleh Ketua Dekranasda, Dr. Rita Syntia, ST., MM., yang tengah dikerjakan, Selasa (23/04/19). Pameran bertajuk The Biggest and The Most Complete Exhibition of Gifts and Housewares” akan mulai dibuka tanggal 24 s.d. 28 April 2019.

Rita di sela-sela persiapan anjungan Dekranasda Aceh Tamiang mengatakan, selaku Ketua Dekranasda, ia berharap dengan mengikuti pameran Inacraft ini akan semakin mengenalkan produk-produk kerajinan tangan unggulan Aceh Tamiang ke tingkat nasional dan mancanegara. Hal ini dikatakannya karena setiap kali ajang Incraft ini digelar, para pembeli dan kolektor dari penjuru dunia berkumpul untuk menghadiri pameran dan melakukan transaksi jual-beli.

“Selama pameran inacraft ini, para pembeli dan kolektor dari berbagai negara akan hadir di Inacraft 2019. Di sinilah nanti terjadi transaksi dengan pelaku usaha kerajinan Indonesia. Saya melihat kehadiran Inacraft menjadi penting, karena merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan aneka potensi kerajinan asal Indonesia, khususnya Aceh Tamiang, ke tingkat nasional dan kepada para pembeli serta kolektor produk-produk kerajinan dari mancanegara,” ungkapnya.

Melalui gelaran Inacraft 2019 yang diikuti, Rita berpesan kepada segenap pengurus Dekranasda dan Pemerintah Daerah untuk menjadikan ajang ini sebagai media belajar dalam pengembangan kerajinan di daerah. Pasalnya melalui kegiatan ini akan menambah pengetahuan dan wawasan, karena saling bertukar informasi dan pengalaman para peserta pameran.

Dalam pameran yang menampilkan produk-produk kerajinan ini, Dekranasda Aceh Tamiang menampilkan produk-produk unggulan Aceh Tamiang yang dihasilkan para pengrajin terbaik. Beberapa Produk unggulan yang ditampilkan di antaranya, kain tenun songket , tas berbahan enceng gondok, jilbab dan baju bordir khas melayu Tamiang.

Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) kembali di gelar sebagai ajang pameran kerajinan terbesar di Indonesia. Tahun 2019 adalah penyelenggaraan Inacraft kali ke 21. Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan akan membuka pameran yang berlokasi di Jakarta Convention Center besok, Rabu (24/04/29).

Pameran yang berlangsung selama 4 hari ini, diikuti oleh seluruh dewan kerajinan nasional daerah yang ada di Indonesia, dan para pengrajin dan pengusaha produk-produk kerajinan mancanegara. [zuw]