Aceh Taming - Humas : Bupati Aceh Tamiang H. Mursil SH, M.Kn di dampingi Kapolres Aceh Tamiang AKBP Ari Lasta Irawan, S.IK, dan Dandim 0117/Atam CPN Yusuf Adi Puruhita menghadiri sekaligus menjadi Inspektur Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Seulawah sekira pukul 08.15 Wib, bertempat di Lapangan Parama Satwika dengan Tema Kita Tingkatkan Sinergitas Polri dengan Instansi terkait dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman pada Idul Fitri 1442 H/2021.


Membacakan amanat Kapolri, Bupati Aceh Tamiang menyampaikan, Apel ini dilaksanakan untuk pengecekkan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2021 dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Masih dalam amanatnya, diterangkan bahwa menjelang Hari Raya Idul Fitri tren kasus Covid-19 di Indonesia meningkat sebanyak 2,03%, sebelumnya tahun 2020 tren peningkatan kasus sebesar 93% karna adanya peningkatan aktifitas masyarakat menjelang akhir Bulan Suci Ramadhan , ini merupakan tahun kedua bagi kita menjalankan Hari Raya Idul Fitri dimasa pendemi Covid-19.

"Diharapkan kepada Pemerintah dan Instansi terkait agar melaksanakan Operasi Ketupat dengan sungguh-sungguh agar keselamatan masyarakat menjadi hukum tertinggi “Salus Populi Suprema Lex Esto," tutur Mursil.

"Operasi ketupat akan di laksanakan mulai tanggal 06 s/d 17 Mei 2021, para petugas dilapangan, diminta agar mengawasi setiap masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik dan juga perjalanan internasional. Kita juga akan mengambil langkah-langkah premitif dan preventif secara humanis sesuai dengan protokol kesehatan," sambung Mursil.

Dalam Operasi Ketupat ini, adapun jumlah Personil Gabungan yang berjaga sebanyak 155.005 (seratus lima puluh lima ribu lima), yang terdiri dari 90.592 (sembilan puluh ribu lima ratus sembilan puluh dua) orang dari Personil Polri, 11.533 (sebelas ribu lima ratus tiga puluh tiga) orang dari Personil TNI serta 5.880 (lima ribu delapan ratus delapan puluh) Personil Instansi terkait yang ditempatkan di 381 (tiga ratus delapan puluh satu) Pos Penyekatan dan 1.536 (seribu lima ratus tiga puluh enam) Pos Pengamanan serta 596 (lima ratus sembilan puluh enam) Pos Pelayanan dan 180 (seratus delapan puluh) Pos Terpadu.

Sebelum memulai Apel, terlebih dahulu Bupati Mursil melakukan prosesi penyematan pita tanda Operasi Seulawah kepada perwakilan masing-masing personil Satlantas, Polisi Militer, dan Perhubungan. usai melaksanakan Apel Gabungan Bupati Aceh Tamiang mengikuti Raker di Aula Polres Aceh Tamiang bersama unsur Forkopimda dan Instansi terkait.