Program Beasiswa S2 Dalam Negeri Bidang Informatika Kementrian Kominfo Tahun 2017

Senin, 20 Maret 2017 Pemerintahan

Oleh admin_tamiang

Nomor     : 29/kominfo/BLSDM/LT.03.07/02/2017

Lampiran :

Perihal    : Program Beasiswa S2 Dalam Negeri Bidang Informatika Kementrian Kominfo Tahun 2017

 

Dalam rangka mendukung upaya peningkatan kualitas dan profesionalisme aparatur pemerintah, baik Pusat maupun Daerah, Kementerian Kominfo pada Tahun Anggaran 2017 kembali akan melaksanakan Program Beasiswa S2 Dalam Negeri Bidang Informatika yang telah dikembangkan sejak tahun 2007.

 

Adapun persyaratan umum yang harus dipenuhi untuk mengikuti Program Beasiswa tersebut sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2013 Tentang Pemberian Tugas Belajar dan Izin Bélajar Bagi Pegawai Negeri Sipil adalah:

 

  1. Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada instansi pemerintah Pusat dan Daerah (kecuali PNS Guru dan Dosen), anggota TNI Polri;
  2. Berusia maksimum 37 tahun pada saat mendaftarkan diri;
  3. Berstatus PNS dan TNI/Polri aktif dan telah memiliki masa kerja paling kurang I (satu) tahun terhitung sejak diangkat sebagai PNS;
  4. Mendapatkan izin dan rekomendasi, dari pejabat berwenang (minimum pimpinan instansi setingkat Eselon II) di instansi yang bersangkutan untuk menjalani pendidikan;
  5. Belum memiliki gelar S2 dan tidak sedang mengikuti program pendidikan S2 dari lembaga lain;
  6. Persyaratan Iainnya mengikuti persyaratan masing-masing Perguruan Tinggi yang dipilih.

 

Program studi yang dibiayai melalui Program Beasiswa ini adalah:

 

  1. Program Studi S2 Pengelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Permerintahan (MTI e-Goverment)

 

Program Beasiswa untuk bidang studi ini dilaksanakan dengan tujuan mewujudkan SDM aparatur pemerintah yang unggul dalam pengembangan e-Goverment di lingkungan instansi pemerintah Pusat dan Daerah sebagaimana diamanátkan dalam lnstruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Goverment. Sasaran program adalah tersedianya SDM pengelola e-Goverment di lingkungan instansi Pemerintah Pusat dan Daerah.
Program Beasiswa S2 ini dilaksanakan bekerjasama dengan Program Studi di 4 (empat) Perguruan Tinggi, yaitu:

 

  1. Program Studi MTI konsentrasi e-Goverment Fakultas Teknik Elektro Universitas Gadjah Mada (UGM);
  2. Program Studi Layanan Teknologi Informasi Sekolàh Teknik Elektro dan Informatika institut Teknologi Bandung (STEI - ITS);
  3. Program Studi Pengelola TIK Pemerintahan Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS);
  4. Program Studi MTI e-Goverment Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (UI).

 

      2. Program Studi Keamanan Informasi

Program Beasiswa untuk bidang studi ini dilaksanakan dengan tujuan mewujudkan SDM aparatur pemerintah yang unggul dalam menjamin keamanan informasi dalam Penyelenggaraan Sistem Elektronik atau Transaksi Elektronik di lingkungan instansi pemerintah Pusat dan Daerah sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik dan UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Sasaran program adalah tersedianya SDM Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik di lingkungan instansi Pemerintah Pusat dan Daerah yang dapat menjamin keamanan informasi.


Program Beasiswa S2 ini dilaksanakan bekerjasama dengan 2 (dua) Program Studi, yaitu:

  1. Rekayasa dan Manajemen Keamanan Inforrnasi Sekolab Teknik EtektrO dan tnformatlka tnstitut Teknologi Bandung (STEI - ITB);
  2. Manajemen Keamanan Jaringan Informasi Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI).

 

Persyaratan khusus yang harus dipenuhi untuk mengikuti Program Beaslswa ini edalah tugas den tungsinya terkait dengan tata kelola Teknologi Informal cdan komunikasi (TIK) di instansi yang bersangkutan Pemenuhan persyaratan ini dibuktikan dengan Surat Pernyataan Melaksanakan Jabatan (SPMJ) dan Surat Keputusan Jabatan Struktural bagi yang sudah menjabat atau Surat Penempatan dan Unit yang menangani kepegawaian dari masing-masing instansi kepada yang bersangkutan untuk melaksanakan tugas di bidang terkait.


Program Beasiswa dikembangkan dengan skema cost sharing, yang mana Kementerian Kominfo menanggung biaya pendidikan sesuai dengan SPP yang telah ditetapkan oleh masing-masing Perguruan Tinggi selama masa studi normal berlangsung dan blaya operasional yang diberikan sebagai bantuan tambahan biaya perkuliahan dengan jumlah Rp. 1. 500. 000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah), dan instansi pengirim bertanggung jawab untuk biaya hidup dan biaya lainnya.


Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon perkenan Bapak/lbu untuk menyebarluaskan infomiasi ini  kepada seluruh pegawai yang memenuhi persyaratan di lingkungan instansi dan mengintergrasikan Program kami ini dalam perencanaan Pengembangan SDM di Iingkungan instansi Bapak/Ibu.


Keterangan terkait, jadwal rencana kegiatan sosialisasi dan seleksi awal di daerah, prosedur pendaftaran, jadwal pendaftaran dan seleksi Program Beasiswa lebih lanjut dapat dilihat pada situs web resmi masing-masing Perguruan Tinggi, dan keterangan Iebih lanjut terkait penyelenggaraan Program Beasiswa dapat dilihat pada situs web https://litprofinformatika.kominfo.go.id/beasiswa atau dapat menghubungi Sekretariat Program Beasiswa S2 Dalam Negeri Bidang Informatika Kemkominfo melalui email beasiswadninformatika@gmail.com atau telepon (021) 3846189 (Pusat Pengembangan Literasi &  Protesi SDM Informatika).


Demikian kami sampaikan, atas perhatian Bapa/ibu kami ucapkan terima kasih.

 

 

 

Kepala Badan Litbang SDM

Kementrian Kominfo,

 

 

 

 

Basuki Yusuf Iskandar